Pelajari Apa Saja Peranan Pasar Modal

Thursday, December 6th 2018. | Bisnis

Pasar modal (capital market) adalah sebuah sarana untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Terdapat banyak sekali instrumen,misalnya, suart hutang (obligasi), ekuiti, sahan, reksadana dan instrument derivatif lainnya.

Pasar modal juga berperan sebagai sarana pendanaan bagi perusahaan ataupun instansi pemerintahan serta saran bagi mereka pada pemilik modal (investor). Dengan demikian, dapat dikatakan pasar modal memfasilitasi semua kegiatan yang terkait didalamnya.

Di indonesia ternyata terdiri oleh beberapa lembaga penting yang membantu berlangsungnya proses transaksi pasar modal, diantaranya adalah :

  • Badan Pengawas Pasar Modal (BPPM)
  • Bursa Efek
  • Perusahaan Efek
  • Lembaga Kliring dan Penjamin
  • Lembaga Penyimpan dan Penyelesaian

Peranan pasar modal juga sangat erat kaitannya dengan perekonomian dan pembangunan suatu negara. Hal ini dikarenakan pasar modal menjalankan dua fungsi penting, seperti :

  1. Pasar modal sebagai sarana pendanaan bagi semua sektor usaha atau perusahaan guna mendapatkan modal dari masyarakat yang menjadi investor. Pendanaan yang diperoleh dari pasar modal biasanya digunakan untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain sebagainya.
  2. Pasar modal menjadi sarana bagi semua masyarakat yang ingin berinvestasi pada instrument keuangan yang banyak sekali jenisnya, seperti saham, obligasi, reksadana, warran dan lain-lainnya. Hal ini tentunya membantu masyarakat dalam mengelola dana berlebih dan menempatkan dan yang dimilikinya sesuai dengan karakteristik semua jenis instrument yang disediakan.

Pasar modal secara macro ekonomi memiliki fungsi penting yaitu sebagai sarana pemerataan pendapatan. Masyarakat dapat menikmati keuntungan dari sebuah perusahaan sekalipun mereka bukan pendiri atau pengelolanya melalui pembelian saham perusahaan tersebut. namun yang perlu diketahui oleh masyarakat juga adalah untuk mempelajari lebih dalam mengenai trading maupun investasi secara sehat, belajar trading maupun investasi tidaklah begitu mudah, karena  jika maysarakat salah salah menginvestasikan assetnya, masyarakat tersebut juga akan mengalami kerugian.

Bagi perusahaan, pasar modal juga memberikan andil yang besar dalam pengembangan usahanya dengan memanfaatkan dana yang diinvestasikan melalui penjualan saham. Perusahaan tetap dapat berjalan tanpa mengalami kesulitan hutang di Bank yang pada umumnya memiliki syarat cukup rumit dan suku  bunga yang tinggi.

Pasar modal juga dapat menjadi tolak ukur kondisi suatu negara. Jika kondisi pasar modal disuatu negara berjalan baik dan berkembang, maka bisa dikatakan perekonomian negara tersebut juga baik. Namun, hal ini bukalah tolak ukur mutlak.

tags: , , ,